Kemenristek Dikti Menetapkan Pusat Metrologi Sebagai Pusat Unggulan Iptek Yang dibina

Tanggal 22 Desember 2016 menjadi hari yang bersejarah bagi Pusat Metrologi LIPI dengan lolosnya usulan Pusat Metrologi LIPI sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) yang dibina.  Dalam acara yang bertajuk “Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2016” bertempat di auditorium Kemenristek Dikti Jakarta, 17 Pusat Unggulan Iptek menandatangani kontrak kerjasama Masterplan di hadapan Mentri Ristek Dikti, Bpk Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak.

Melalui Surat Keputusan Kemenristek Dikti, PuslitMetrologi LIPI ditetapkan menjadi salah satu lembaga litbang yang dibina menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI)dari 23 kandidat  yang dinyatakan lolos seleksi dengan peraihan poin diatas 700. Komitmen Puslit Metrologi LIPI untuk menjadi Pusat Unggulan Iptek Metrologi secara simbolis dilakukan oleh Kepala Pusat Penelitian Metrologi LIPI, Dr. Mego Pinandito, M.Eng, melalui penandatanganan master plan Pusat Unggulan IptekMetrologi.

Program PusatUnggulanIptek (PUI) adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga, sumberdaya dan jaringan iptek dari lembaga litbang dalam bidang prioritas spesifik agar terjadi peningkatan relevansi dan produktivitas serta pendayagunaan iptek dalam sector produksi untuk menumbuhkan perekonomian nasional yang padagilirannya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, melalui program ini diharapkan dapat :

  • Menghasilkan lembaga litbang yang unggul dalam kegiatan riset
  • Menghasilkan hasil riset yang inovatif sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat luas
  • Menghasilkan lembaga litbang yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional

PuslitMetrologi LIPI mendapatkan kesempatan pembinaan maksimal 3 tahun melalui supervisi, dan fasilitasi, sehingga Puslit Metrologi LIPI memiliki kompetensi yang layak untuk ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek Metrologi. Pusat Unggulan Iptek Metrologi akan memanfaatkan masa pembinaan ini untuk mengembangkan 3 (tiga) kapasitas kelembagaan yang mencakup kapasitas lembaga mengakses informasi (Sourcing Capacity), kapasitas riset (Research and Development Capacity), dan kapasitas diseminasi (Disseminating capacity).

Program Pusat Unggulan Iptek Metrologi ini diharapkan dapat menjadi katalisator bagi satker untuk mencapaivisi menjadi Lembaga Metrologi Nasional berkelas dunia dan meneguhkan posisi Puslit Metrologi LIPI sebagai satu-satunya lembaga metrology ilmiah di Indonesia yang mempunyai tugas merealisasikan, memelihara, danmendiseminasikan standar tertinggi baik standar fisik maupun kimia yang ada di Indonesia.

Sumber : http://www.metrologi.lipi.go.id/berita/pusat-unggulan-iptek-metrologi/