Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara BPPT dan Pemerintah Daerah Kabupaten Batang Hari

20160322_110916

Pada tanggal 22 Maret 2016, bertempat di Aula Gedung Kabupaten Batang Hari telah dilaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara BPPT dan Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari dengan tema “PENGKAJIAN, PENERAPAN DAN PEMASYARAKATAN TEKNOLOGI UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN BATANG HARI PROVINSI JAMBI” oleh Bupati kabupaten Batang Hari, Ir. H. Syahirsah SY dan oleh Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi – BPPT, Dr.-Ing. Michael A. Purwoadi. Kesepakatan bersama ini akan menjadi landasan hukum untuk kegiatan Layanan Teknologi BPPT dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dengan e-Voting dan e-Verifikasi pemilih menggunakan KTP Elektronik di 33 desa pada bulan Juli 2016.
Setelah penandatangan Kesepakatan Bersama itu, acara dilanjutkan dengan sosialisasi dan demo pelaksanaan e-Pemilu pemilihan kepala desa yang dilaksanakan oleh para pegawai pemda disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Ketua DPRD, para Kepala Desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa. Para pelaksana telah mendapatkan pelatihan di BPPT sebelumnya dan demo ini menggunakan peralatan – peralatan e-Pemilu yang dibuat oleh industri nasional PT. INTI. Demo dilanjutkan dengan tanya-jawab dipimpin langsung oleh bapak Bupati dengan melibatkan berbagai kalangan dari Forkompinda dan kepala SKPD.
Acara bimbingan teknis kepada para wakil desa dilaksanakan oleh BPMD berisikan antara lain payung hukum e-Voting dan KTP Elektronik, perlunya peraturan daerah dan peraturan bupati sebagai juklak dan juknis e-Voting, serta standar keamanan e-Voting agar sesuai dengan azas pemilu Indonesia yakni LUBER JURDIL. Di akhir acara bimbingan teknis, dilakukan simulasi e-Voting di TPS simulasi yang diikuti oleh setiap peserta.