21 TAHUN PUSARPEDAL

COVER

Tanggal 12 Agustus 2014, merupakan hari jadi Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (PUSARPEDAL), dan kini  Pusarpedal telah menginjak usia yang ke 21, dimana pada usia tersebut telah mengalami 7 kali pergantian kepemimipinan mulai dari Bapak Piyus Ibrahim, Alm. Bapak Gunalan, Alm. Bapak Syahrul, Bapak Helmi, Bapak Imam Hendargo, Ibu Halimah Syafrul, Bapak Hary Wahyudi, dan sekarang oleh Bapak Wahyu Marjaka.

Perjalanan Pusarpedal sangatlah panjang dan penuh liku dalam melakukan tugas-tugas pengendalian dampak lingkungan, melakukan pemantauan lingkungan, melakukan kajian dan kebijakan pengelolaan lingkungan, pemberian bimbingan teknis laboratorium serta melakukan kerjasama dengan berbagai institusi dalam mewujudkan Indonesia yang lestari.
Dalam mengemban tugas yang begitu berat dirasakan perlu dilakukan kegiatan yang ringan dalam menjalin kebersamaan.  Kali ini pada hari lahirnya Pusarpedal melakukan kegiatan dari kita untuk kita  semua. Seperti gathering kecil-kecilaan antara karyawan, diantaranya; Banana Split: berupa permainan estafet kelereng, alias balap kelereng;  Samson & Laila: permainan tarik otot dengan menggunakan tambang, alias Tarik Tambang; For Your eyes Only: melihat bermacam-macam hasil bumi kita berupa rempah-rempah beraneka ragam; Finding Nemo: berupa permainan air yang diperlukan ketrampilan kelompok secara kompak, alias nangkep Ikan. Sebenarnya masih ada beberapa permainan lagi yang akan dipertandingkan seperti Spongbobs: berupa permainan kelompok yang diperlukan kekompakan dan kejelian ataupun strategi pemenangan, alias Mengisi air ke dalam e
mber dengan menggunakan Spon, dan terakhir adalah No Drop: permainan mengisi pipa secara berkelompok dan bersama-sama. Tetapi 2 permainan terakhir tidak dilakukan dikarenakan telah terjadi kerusuhan diantara peserta dengan saling mengguyur, menyiram, mencemplungkan lawan ke kolam sambil berebut mengumpulkan ikan sebanyak-banyaknya ke dalam ember yang telah disediakan. Rusuh itu tidak berakhir dikolam ikan saja, tetapi hingga masuk ke dalam kantin dengan membawa ember berisi air untuk menyiram kawan-kawan yang belum basah, dan Byyuuuuuurrr……Basaaah Deeeeh…..

Cerianya kita semua di hari ulang tahun kali ini, bersama-sama telah kita lalui permainan demi permainan walau sederhana, bukan untuk mengejar hadiah tapi kebersamaan yang kita harapkan dapat terwujud. Amiiin Yaa Rabbal Alamin.

Selamat Ulang Tahun Pusarpedal, semakin dewasa dan semakin maju.

(AMS)

sumber : http://pusarpedal.menlh.go.id/?p=3054