Konsorium Kemandirian Industri Fotovoltaik Meningkatkan Kapasitas dan Daya Saing Indutri Fotovoltaik Nasional

Konsorsium_Solar_cell

Jakarta-bppt.go.id- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus berupaya mengusulkan pembangunan industri sel surya untuk mendukung pemanfatan energi surya (fotovoltaik) sebagai sumber listrik. Usaha pun berbuah manis, sinergi antar instansi mulai dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral melahirkan Konsorsium Kemandirian Industri Fotovoltaik.

Nandang Suhendra, dari Pusat Teknologi Material (PTM-BPPT) terpilih menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) konsorsium tersebut berdasar aklamasi pada Rapat Pembentukan Konsorsium Fotovoltaik yang digelar di Kementerian Perindustrian, Jakarta (27/1).

Konsorsium ini urai Nandang, didirikan untuk menyuarakan betapa pentingnya penggunaan energi surya ini, serta mendorong tumbuhnya industri fotovoltaik di Indonesia.

“Ini sebagai gebrakan. Sebagai langkah pertama kami berencana melaksanakan simposium internasional sesegera mungkin,” tegasnya.

Konsorsium yang beranggotakan dari lintas Kementerian/Lembaga ini juga berupaya mendorong percepatan implementasi penggunaan tenaga surya ini untuk berbagai keperluan seperti di sektor transportasi dan pariwisata serta perkantoran.

“Dengan anggota yang berasal dari berbagai institusi juga dapat membantu tumbuhnya berbagai rekomendasi dan program terkait penggunaan fotovoltaik,” jelasnya.

BPPT sebut Nandang, saat ini tengah mengkaji panel surya berbahan Silicon Poli Crystal. Menurutnya panel surya  berbahan silicon polycristal memiliki banyak keunggulan.  “Bahan bakunya mudah diperoleh karena banyak tersedia di Indonesia,” ungkapnya.

Memang ada pihak yang mengatakan bahan tersebut pengolahannya menghabiskan energi yang besar. Namun kata Nandang asal metodenya pas, maka akan optimal.

“Kita akan gunakan teknik jalur teknik metalurgi ketimbang rute teknik kimia (CVD),” terangnya. Selain itu kita juga akan coba untuk menyiapkan kontribusi fotovoltaik sebagai sumber energi di dalam program Science dan Technopark,” tutup Nandang. (Humas/HMP).

 

sumber : http://ptm.bppt.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=344:konsorsium-kemandirian-industri-fotovoltaik-tingkatkan-kapasitas-dan-daya-saing-industri-fotovoltaik-nasional&catid=61&Itemid=209