Technoentrepreneurs yang Mandiri Mendorong Daya Saing Global

WhatsApp-Image-20160724

PELATIHAN INKUBASI TEKNOLOGI BISNIS 2016, PUSPIPTEK (Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), KEMRISTEKDIKTI (Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi), Serpong – Tangerang Selatan
22-27 Juli 2016

Sebagai upaya untuk menumbuhkan kembangkan perusahaan – Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dalam rangka menghadapi Masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), Kemristekdikti mengeluarkan instrumen kebijakan berupa program Inkubasi Bisnis Teknologi (ITB), yang telah berjalan sejak tahun 2013.

Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) Tahun 2016 merupakan program pada Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi cq Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT).

Program IBT ini adalah penyediaan insentif Inovasi bagi Lembaga Inkubator dan Perusahaan Pemula Berbasis Tekknologi (PPBT) yang bertindak sebagai tenant dalam melakukan proses inkubasi, guna meningkatkan daya PPBT, sehingga mampu bertahan dan berkembang di pasar domestik maupun dalam menghadapi kompetisi global.

Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) merupakan suatu proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan yang dilakukan oleh IBT kepada tenantnya.

Pada tahun 2016, terdapat 237 proposal yang diajukan untuk mengikuti program IBT 2016. Dari ke 237 proposal tersebut, telah dilakukan seleksi administratif dan substantif melalui tahapan presentasi. Kandidat tenant dari IBT adalah sebanyak 87. Namun, hasil akhir dari seleksi presentasi ini hanya akan dipilih 50 tenant yang layak untuk diinkubasi.

Dalam melaksanakan program IBT tahun 2016, Kemristekdikti bekerja sama dengan Smart Plus Accelerator dan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI).

Adapun penyelenggaraaan program “Pelatihan Inkubator Bisnis Teknologi” diharapkan dapat mendukung para tenant dalam mengimplementasikan program-programnya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama seminggu, yaitu tanggal 22-27 juli 2016 digedung Techology Business Incubator Center (TBIC), PUSPIPTEK Serpong yang diikuti peserta berjumlah 87 orang.

Para peserta ini terdiri dari para inkubator dan tenant yang merupakan penerima pendanaan program ITB 2016.

Selama pelatihan, peserta akan memperoleh materi yang mencakup a) motivasi berwirausaha, b) konsep dan praktek inkubator bisnis teknologi, c) pembuatan SOP (standar operasional prosedur) inkubator bisnis teknologi (IBT) , d) pembuatan business plan, strategi pitching, pemasaran, pengelolaan keuangan, dan kemampuan teknis lainnya untuk menunjang pengembangan bisnis.

Diharapkan kemampuan teknis dan keterampilan para tenant dapat di tingkatkan, yang pada akhirnya mereka dapat menjadi pengusaha yang handal, yang mempunyai ruang lingkup bisnis berbasis teknologi (Technoentrepreneurs) yang mandiri dan berdaya saing global.

Serpong, 24 Juli 2016,

Bagian Komunikasi Publik
Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik

KEMRISTEKDIKTI