Rapat Koordinasi Kawasan Puspiptek, Pemanfaatan Lahan menjadi Kawasan Taman Iptek

Gambar

Bertempat di gedung Graha Widya Bhakti Ruang 1002, kawasan Puspiptek-Serpong, Selasa (24/01/2017) diadakan rapat koordinasi kawasan Puspiptek yang dipimpin oleh Kepala Puspiptek Sri Setiawati, yang didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Dwi Wiratno Prasetijo, Kepala Bidang Sarana Kawasan Lanjar, dan Kepala Bidang Kerjasama dan Bisnis Teknologi Dadan Nugraha. dengan peserta rapat berjumlah 64 orang.

Beberapa topik dibahas dalam rapat koordinasi kawasan Puspiptek ini yaitu penamaan jalan di kawasan perkantoran Puspiptek, penataan perumahan negara dan rusunawa, rencana pengembangan lahan Puspiptek di Pagedangan dan rencana kegiatan bersama Puspiptek di tahun 2017.

Penamaan jalan kawasan Puspiptek dimaksudkan supaya pengunjung atau tamu “tidak tersesat” dan mempermudah para tamu untuk mengenali wilayah Puspiptek. Dan nantinya dapat membantu dalam penulisan alamat kantor sehingga informasi yang diberikan dapat lebih rinci. Beberapa nama sempat diusulkan, seperti Jalan Riset, Jalan Energi, Jalan Transportasi, Jalan Hankam. Adanya beberapa masukan dari peserta rapat sehingga akan dilakukan pengumpulan usulan dari tiap-tiap Lab/Lembaga agar mendapatkan penamaan yang tepat.

Diinformasikan pengalihan jalan provinsi yang membelah kawasan menjadi jalan yang mengitari kawasan mengakibatkan 45 rumah yang akan dibongkar dan adanya rusunawa dengan kapasitas 56 unit tipe 36 dengan 2 kamar yang sudah tersedia kasur dan sofa telah siap huni. Diharapkan perwakilan dari tiap lembaga yang hadir, dapat menginformasikan hal tersebut ke penghuni rumah negara yang terkena dampak pengalihan jalan dan untuk pegawai yang masih aktif, dapat pindah ke rumah negara sesuai dengan kebijakan kantor masing-masing atau rusunawa yang sudah disiapkan. Diharapkan semua pihak dapat saling membantu agar rumah negara yang terkena pembongkaran segera dikosongkan setidaknya bulan Maret 2017.

Pemanfaatan lahan seluas 15 Ha yang merupakan sisa lahan yang berada dibawah tegangan tinggi (SUTET) yang masuk dalam aset Barang Milik Negara (BMN) di daerah Pagedangan, maka Puspiptek berencana untuk membangun Kawasan Taman Iptek. Sehingga diharapkan lahan tersebut dapat digunakan untuk pengujian bagi para peneliti dimana hasil uji tersebut dapat dikomersialisasikan.

Kepala Bidang Kerjasama dan Bisnis Teknologi, Dadan Nugraha menyampaikan rencana Puspiptek Innovation Festival 2017 pada bulan Oktober 2017. Tujuan diadakannnya acara ini untuk mempromosikan kapasitas dan produk iptek dan inovasi serta memperluas jejaring hubungan kerjasama antara institusi di kawasan Puspiptek dengan kelembagaan iptek. Acara ini diharapkan menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan hari jadi Puspiptek. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Puspiptek bekerja sama dengan BPPT, LIPI, BATAN, dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta melibatkan juga perguruan tinggi, pemerintah daerah dan kelembagaan iptek lain di sekitar kawasan Puspiptek.