Program Inbistek 2018

Program

Salah satu program Puspiptek untuk mendukung penumbuhan wirausaha pemula berbasis teknologi adalah fasilitasi inkubasi bisnis dan teknologi yang dilaksanakan di gedung Technology Business Incubation Center (TBIC). Kegiatan inkubasi ini melibatkan inkubator yang telah ada di berbagai institusi, seperti di lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, pemerintah daerah, serta lembaga swadaya masyarakat. Inkubator tersebut, selanjutnya disebut ‘inkubator pembina’.

Tenan yang dapat mengikuti seleksi program ini diusulkan oleh inkubator mitra, atau mengusulkan langsung ke TBIC untuk dicarikan mitra inkubatornya, dan diprioritaskan bagi tenan yang memanfaatkan kapasitas laboratoria di kawasan Puspiptek. Kegiatan inkubasi akan dilaksanakan secara in-wall di gedung TBIC dan inkubator harus menempatkan perwakilannya di gedung TBIC. Jangka waktu pelaksanaan inkubasi paling lama adalah 3 (tiga) tahun dan akan dievaluasi pada setiap akhir tahun. Puspiptek juga telah menyiapkan area untuk penumbuhan wirausaha yang telah dinyatakan lulus dari program inkubasi dan masuk ke tahapan pasca inkubasi (post inkubasi) dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bagi tenan TBIC yang telah menyelesaikan masa inkubasi Tahun pertama (2016) dan kedua (2017) dan dinyatakan oleh reviewer untuk melanjutkan ke Tahun 2018, tetap diwajibkan mengikuti prosedur seleksi tersebut.

Kriteria Tenan

Calon tenan yang dapat mengikuti program ini dan diusulkan oleh inkubator teknologi adalah :

  1. Perusahaan pemula atau kelompok individu (minimal 2 orang). Usia pengusul tidak dibatasi. Bagi yang sudah memiliki badan usaha, usia perusahaan maksimum 3 tahun.
  2. Belum melakukan produksi massal atas produk yang diusulkan. Adapun yang sudah melakukan produksi skala kecil yang berhubungan dengan pengembangan produk, diperbolehkan .
  3. Produk atau bakal produk usaha memiliki kandungan teknologi, minimal dalam skala tingkat kesiapan teknologi (Technology Readiness Level, TRL) 7.
  4. Memiliki prospek bisnis yang baik, berdasarkan hasil penilaian tim reviewer (dinilai berdasarkan proposal maupun presentasi calon tenan)
  5. Memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankan proses inkubasi serta minat untuk menjadi pengusaha (technopreneur).
  6. Memiliki komitmen untuk menjalankan inkubasi secara "in-wall" di TBIC.
  7. Produk/bisnis yang diusulkan diutamakan berasal dari dan/atau memiliki keterkaitan dengan kompetensi dan program di pusat/balai/lab di kawasan Puspiptek.

Kriteria Inkubator

Inkubator mitra yang dapat mengusulkan tenan dalam program ini adalah :

  1. Lembaga atau institusi berbadan hukum, memiliki NPWP
  2. Diutamakan telah memiliki pengalaman dalam inkubasi bisnis teknologi
  3. Memiliki sumberdaya manusia yang cukup dan memiliki keahlian dalam proses inkubasi.
  4. Mampu menjalankan serangkaian proses inkubasi, yang mencakup pelatihan, mentoring, uji produksi, uji konsumen, uji jual, sertifikasi, promosi, dan kegiatan/layanan pendukung lainnya.
  5. Menugaskan minimal 1 (satu) orang tenaga pendamping (mentor) dalam rangka mendampingi tenan secara intensif di TBIC Puspiptek.
  6. Memiliki jejaring dengan pemangku kepentingan seperti pemda, lembaga keuangan, dan institusi pendukung lainnya.

Jangka Waktu Inkubasi

Program inkubasi di TBIC akan dilaksanakan maksimal dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun sejak pertama kali masuk di TBIC, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pada akhir tahun pertama, tenan akan dievaluasi apakah layak untuk dilanjutkan ke tahun kedua atau tidak.
  2. Apabila lanjut pada tahun kedua, maka pada akhir tahun kedua tenan akan dievaluasi apakah layak untuk dilanjutkan ke tahun ketiga atau tidak.
  3. Perpanjangan waktu setelah 3 (tiga) tahun dimungkinkan setelah mendapatkan rekomendasi dari tim ahli (reviewer).

Skema Pendanaan

Dana yang dialokasikan untuk kegiatan inkubasi pada tahun 2018 berasal dari DIPA PUSPIPTEK Kemenristekdikti. Besaran alokasi anggaran untuk setiap tenan, mengikuti aturan dan mekanisme di PUSPIPTEK.

Pengelolaan anggaran dilaksanakan dengan mekanisme kontrak antara Pejabat pembuat Komitmen PUSPIPTEK dengan inkubator mitra atau ketua tim dari tenan ybs. Jangka waktu kontrak adalah 9 (sembilan) Bulan kalender dari Tanggal 23 Februari s/d 23 November 2018.

Pagu maksimum yang diusulkan adalah Rp. 250.000.000 (Dua ratus lima puluh juta Rupiah) per proposal per tahun (lebih lengkap silahkan download buku panduan inbistek 2018).

Fasilitas dan Kegiatan

TBIC Puspiptek memfasilitasi ruangan dan fasilitas serta program-program pendukung inkubasi yang tidak dialokasikan pada pembiayaan insentif dari PUSPIPTEK.

Untuk fasilitas yang diberikan kepada tenan/inkubator mitra, TBIC Puspiptek mengenakan biaya sesuai ketentuan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Puspiptek. Besarnya tarif adalah sebagai berikut:

Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Satuan Tarif
kantor tenan tanpa furniture m2/bulan Rp. 6.800,-
kantor tenan dengan furniture m2/bulan Rp. 7.000,-
Kantor inkubator tanpa furniture m2/bulan Rp. 25.000,-
Kantor inkubator dengan furniture m2/bulan Rp. 30.000,-
Penggunaan internet paket/bulan Rp. 200.000,-

Kantor untuk tenan kurang lebih 6x5 m2. Dengan catatan, jika kondisi tidak memungkinkan maka 1 ruangan bisa diisi oleh 2 tenan. Tarif disesuaikan dengan luasan ruang yang digunakan. Sedangkan furniture berupa 1 meja, 2 kursi, dan 1 lemari.

Fasilitas kantor tenan dan/atau inkubator diatas, termasuk fasilitas pendukung, berupa :

  • AC ruangan
  • Air bersih
  • Ruang workshop bersama yang dilengkapi listrik dan peralatan dasar
  • Ruang kelas / pertemuan
  • Layanan keamanan dan kebersihan
  • Fasilitas parkir kendaraan

TBIC juga memfasilitasi kegiatan bersama yang mendukung program inkubasi bisnis teknologi, antara lain dalam bentuk:

  • Pelatihan
  • Mentoring
  • Coaching
  • Uji produksi
  • Uji konsumen
  • Uji jual
  • Sertifikasi
  • Promosi
  • Layanan lain yang dianggap perlu.

TBIC-PUSPIPTEK

Technology Business Incubation Center atau disingkat dengan TBIC dikelola oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Bisnis Teknologi dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK).

Media Sosial

Alamat

Jalan Raya Puspiptek - Gunung Sindur, Bogor

Phone : +62 21 7560562 Ext. 6652

E-mail : inbistek.tbic@gmail.com