PUSPIPTEK

Masyarakat Diminta Tak Khawatir Hadapi Revolusi Industri 4.0

Kehadiran revolusi industri 4.0 menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sebab, sebagian pihak khawatir otomatisasi akan menyebabkan beberapa pekerjaan menjadi hilang.

Namun, Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Sri Setiawati menilai Indonesia tidak perlu khawatir lantaran industri 4.0 justru membawa peluang pekerjaan baru di bidang yang lain.

“Kalau kita berfikir tentang alam ini lah, tentang peradaban, setiap peradaban ada perubahan. Tapi pasti ada peluang. Jadi kita jangan takut,” tegas Sri ditemui usai membuka diskusi Technology Business Incubation di Gedung Graha Widya Bhakti (GWB), Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Jumat 28 September 2018.

Menurutnya, masyarakat hanya perlu beradaptasi dan membuka diri terhadap semua perubahan dan memanfaatkan peluang dari hadirnya industri 4.0. Apalagi hampir semua orang sudah terbiasa menggunakan teknologi smartphone dan gadget lainnya.

“Jangan kita menyikapinya sebagai mimpi buruk. Ada revolusi industri 4.0, padahal kita setiap hari pakai ini, handphone. Kita udah memanfaatkan ini, kok jadi nightmare,” sebut peraih Satya Lencana Karya Satya 10 TH tahun 2002 itu.

Sri melanjutkan, langkah lain yang perlu diterapkan agar bisa bertahan ialah dengan terus melakukan. “Karena kalau hasil itu tidak digunakan, ga pernah bisa maju. Karena kita tidak pernah tahu kekuranganya,” ujar dia.

Read more https://m.medcom.id/jawa-barat/peristiwa-jabar/4KZ4y9Yb-masyarakat-diminta-tak-khawatir-hadapi-revolusi-industri-4-0