PUSPIPTEK

Profil Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek)

Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) merupakan unit kerja dibawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi didirikan berdasarkan Keputusan Presiden  nomor 43/1976 tanggal 1 Oktober 1976. Kawasan Puspiptek terletak di Tangerang Puspiptek berdiri diatas lahan seluas 460 Hektar. Hingga saat ini, terdapat 50 Pusat/Balai/Balai Besar serta 5000 Sumber Daya Manusia. Puspiptek hadir untuk mendukung industri strategis di dalam negeri. Telah banyak BUMN yang bekerja sama dengan Puspiptek, diantaranya PT. Kimia Farma, PT. INTI, PT. LEN Industri dll.

Sejalan dengan berbagai perubahan yang terjadi, baik di tataran kebijakan nasional yang menuntut kontribusi iptek untuk pembangunan ekonomi yang lebih besar, sinergi antar kelembagaan iptek (pemerintah, lembaga litbang, perguruan tinggi dan dunia usaha), perkembangan fisik kawasan, serta perubahan strategis baik di dalam maupun di luar kawasan, menuntut reposisi PUSPIPTEK secara fundamental, khususnya menyangkut kelembagaan yang bisa mengakomodasi peran dan fungsi PUSPIPTEK ke depan.

Pada Tahun 2013, program Revitalisasi Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) dan Pengembangan Puspiptek sebagai National Scinece and Technology Park (NSTP) yang telah diwacanakan sejak tahun 2010, resmi dimulai. Pada dasarnya, revitalisasi Puspiptek merupakan upaya mentransformasikan Puspiptek  dari pusat penelitian (research center) menjadi institusi yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja berbasis iptek, baik untuk mendorong inovasi di tingkat lokal/daerah maupun di tingkat nasional.

Revitalisasi dan transformasi Puspiptek sebagai STP, juga telah menjadi program prioritas nasional, dengan dicanangkannya Puspiptek sebagai salah satu dari National-Science & Technology Park (N-STP) di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019.

 

Potensi Pusat/Balai/Balai Besar di Kawasan Puspiptek

Di dalam Kawasan Puspiptek terdapat 50 Pusat/Balai/Balai Besar yang terdiri dari 3 LPNK (BATAN, BPPT dan LIPI) dan 2 Kementerian (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Terdapat 7 bidang fokus penelitian di Kawasan Puspiptek : 1. Teknologi Pertanian dan Pangan; 2. Teknologi Energi Baru dan Terbarukan; 3. Teknologi Kesehatan dan Obat ; 4. Teknologi dan Manajemen Transportasi ; 5. Teknologi Informasi dan Komunikasi ; 6. Teknologi Pertahanan dan Keamanan ; Teknologi Material Maju.

Puspiptek diharapkan dapat menjadi pusat pengembangan produk-produk nasional. Cita-cita ini didukung dengan lengkapnya peralatan yang modern serta SDM yang berkualitas dalam bidangnya. Lebih dari 200 paten terlahir dari peneliti di Puspiptek. Selain melakukan penelitian, Pusat/Balai/Balai Besar di Puspiptek melakukan pengujian terhadap produk-produk Industri yang akan dipasarkan di Indonesia.

Selain pihak Industri, Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas yang berada di kawasan Puspiptek untuk keperluan penelitian, magang ataupun tugas akhir. Hadirnya kalangan mahaiswa dalam ekosistem penelitian di Puspiptek akan memperkuat konsep Puspiptek sebagai NSTP.