Program Inkubasi

Gambaran Hukum

Salah satu program Puspiptek untuk mendukung penumbuhan wirausaha pemula berbasis teknologi adalah fasilitasi inkubasi bisnis dan teknologi yang dilaksanakan di gedung Technology Business Incubation Center (TBIC). Kegiatan inkubasi ini melibatkan inkubator yang telah ada di berbagai institusi, seperti di lembaga penelitian dan pengembangan, peguruan tinggi, pemerintah daerah, serta lembaga swadaya masyarakat. Inkubator tersebut, selanjutnya disebut ‘inkubator pembina’.

Tenan yang dapat mengikuti seleksi program ini harus diusulkan oleh inkubator pembina dan diprioritaskan bagi tenan yang memanfaatkan kapasitas laboratoria di kawasan Puspiptek. Kegiatan inkubasi akan dilaksanakan secara in-wall di gedung TBIC dan inkubator harus menempatkan perwakilannya di gedung TBIC. Jangka waktu pelaksanakaan inkubasi paling lama adalah 3 (tiga) tahun dan akan dievaluasi pada setiap akhir tahun. Puspiptek juga telah menyiapkan area untuk penumbuhan wirausaha yang telah dinyatakan lulus dari program inkubasi  dan masuk ke tahapan pasca inkubasi (post inkubasi) dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Metode Seleksi

Tenan yang dapat mengikuti program ini merupakan tenan yang diusulkan oleh inkubator pembina. Puspiptek telah menyediakan fasilitas kepada inkubator pembina untuk menempatkan sejumlah tenan yang lolos seleksi di TBIC sesuai alokasi (kuota). Proses inkubasi dilakukan  dilakukan oleh inkubator  pembina yang mengusulkan, serta bersama-sama dengan tim yang ditunjuk oleh managemen TBIC, jika diperlukan.

Jangka Waktu Inkubasi

Program inkubasi di TBIC akan dilaksanakan maksimal dalam jangka waktu 34 (tiga puluh empat) bulan (kurang lebih 3 tahun) sejak pertama kali masuk di TBIC, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pada akhir tahun pertama, tenan akan dievaluasi apakah layak untuk dilanjutkan ke tahun ke dua atau tidak.
  2. Apabila lanjut pada tahun ke dua, maka pada akhir tahun kedua tenan akan dievaluasi apakah layak untuk dilanjutkan ke tahun ke tiga atau tidak.
  3. Perpanjangan waktu setelah 3 (tiga) tahun dimungkinkan setelah mendapatkan rekomendasi dari tim ahli (reviewer).

Monitoring dan Evaluasi

Puspiptek akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap masing-masing tenan melalui mekanisme :

  1. Monitoring dan evaluasi triwulanan
  2. Monitoring dan evaluasi tahunan

Kriteria Tenan Graduate

Tenan dinyatakan graduate atau lulus dari program inkubasi, apabila berdasarkan hasil review, tenan menunjukkan kinerja pertumbuhan (growth) usaha yang antara lain ditunjukkan oleh:  

  1. Aliran pendapatan dari perusahaan tersebut cukup untuk menghidupi perusahaan.
  2. Tenan telah mampu mengikat para investor untuk membiayai rencana ekspansi usaha dan dukungan inkubator tidak lagi diperlukan.
  3. Tenan telah menjual produknya ke perusahaan yang lebih besar.