PUSPIPTEK

Kunjungan Kompi NUBIKA ke Kawasan PUSPIPTEK

 

(Tangerang Selatan-29/06/2019) – Sebanyak 35 prajurit Satuan TNI – AD Kompi Zeni NUBIKA (Nuklir, Biologi, dan Kimia) berkunjung ke kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Kota Tangerang Selatan, Selasa (25/06/2019). Disampaikan oleh Kolonel  Czi Eko Pujianto C.P., S.Sos., M.Si bahwa maksud kedatangannya di kawasan PUSPIPTEK adalah untuk mengenal teknologi dan hasil penelitian dan pengembangan yang ada di kawasan PUSPIPTEK, khususnya teknologi nuklir dan hasil litbang yang ada di kawasan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Sebelum melanjutkan kunjungannya ke kawasan BATAN, setelah berkoordinasi dengan pengelola Keamanan dan Keselamatan PUSPIPTEK, rombongan terlebih dahulu diterima di gedung Graha Widya Bhakti PUSPIPTEK untuk mendapatkan informasi tentang kawasan PUSPIPTEK. Disampaikan oleh Kepala Subbidang Keselamatan, “Kawasan PUSPIPTEK merupakan Obyek Vital Nasional yang system pengamanannya memenuhi standar pengamanan obyek vital pada umumnya di Indonesia. Di atas lahan seluas 460 ha, PUSPIPTEK bertanggung jawab terhadap keamanan dan keselamatan dari 4 LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian) yang terdapat di kawasan PUSPIPTEK yaitu BATAN, BPPT, dan LIPI serta satu Lembaga Kementerian yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan” ungkap Marsono dalam sambutan penerimaan rombongan.

Sebagai gambaran umum tentang PUSPIPTEK, para peserta kunjungan dari TNI AD Kompi NUBIKA mendapat kesempatan untuk menyaksikan tayangan video profil PUSPIPTEK. Selesai penyambutan di PUSPIPTEK dilanjutkan kunjungannya ke kawasan BATAN.

Tiba di kawasan BATAN, tamu rombongan diterima oleh Ir. Yusi Eko Yulianto sebagai Kepala Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN). Beliau juga menyampaikan tentang profil BATAN serta hasil litbang yang selama ini telah dikembangkan di BATAN, kemudian dilakukan diskusi serta tanya jawab tentang perkembangan teknologi nuklir di Indonesia, dan para peserta kunjungan berharap BATAN pada masa yang akan datang dapat mengembangkan teknologi militer yang dapat mendukung pertahanan dan keamanan nasional.

Sebelum meninggalkan kawasan PUSPIPTEK, para peserta penataran NUBIKA berkesempatan mengunjungi Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR), Pusat Reaktor Serba Guna GA Siwabesy (PRSG-GAS), Laboratorium Proteksi Fisik dan Irradiator Gamma Merah Putih (IGMP) yang berada di kawasan PUSPIPTEK.

 

(teks/foto : Humas PUSPIPTEK/M-EFL)