PUSPIPTEK

MENRISTEK/KA. BRIN UPAYAKAN PERCEPAT PROSES REGULASI UNTUK STARTUP

 

Tangerang Selatan (22/11/2019) – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Ka. BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro melanjutkan rangkaian acara kunjungan ke LPNK yang berada di kawasan PUSPIPTEK Kota Tangerang Selatan pada Senin pagi (22/11).

Rangkaian kegiatan diawali dengan dengan mengunjungi Technology Business Incubation Center (TBIC) PUSPIPTEK. Bambang mengungkapakan bahwa beliau sangat senang dan bersemangat karena melihat banyak startup yang dikembangkan oleh anak muda Indonesia diantaranya yaitu tenan binaan TBIC PUSPIPTEK. Tenan TBIC dirasa merupakan generasi yang pintar karena mereka berupaya untuk selalu mengembangkan teknologi dan berupaya untuk mencari trobosan baru yang tentunya bisa menjadi produk unggulan Indonesia. Ada beberapa kendala yang ditemui yaitu lamanya proses standarisasi dan perizinan untuk makanan dan minuman. Terkait masalah tersebut, Bambang Brodjonegoro akan berusaha untuk berbicara dengan Badan yang bersangkutan agar prosesnya bisa dipercepat.

“Nah disitu kami melihat masih ada kendala baik untuk standardisasi dimana kami akan berbicara kepada badan yang bersangkutan untuk mempercepat standardisasi untuk produk-produk masih baru sama sekali berikut izin terkait obat dan makanan agar prosesnya bisa dipercepat dan afirmasi untuk inovasi yang dalam negeri,” tuturnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Pusat Penelitian Kimia (P2-Kimia), dan Pusat Penelitian Fisika (P2-Fisika) yang merupakan naungan LIPI. Dalam kunjungannya, Bambang didampingi oleh Sri Setiawati selaku Kepala PUSPIPTEK, Laksana Tri Handoko selaku Kepala LIPI, Rike Yudianti selaku kepala P2-Fisika, Agus Haryono selaku Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik, serta pejabat lainnya.

Dalam kunjungannya ke LIPI, Bambang menyampaikan bahwa siapapun dapat memanfaatkan alat yang berada di P2-Kimia dan P2-Fisika untuk tujuan penelitian dan juga beliau menghimbah kepada Industri di Indonesia yang membutuhkan pengujian terhadap materialnya dapat menggunakan layanan atau jasa yang disediakan di Pusat tersebut.

 “Yang pasti tentunya ini adalah laboratorium yang canggih dimana banyak alat yang hanya satu-satunya di Indonesia jadi yang ingin kami tekankan adalah para ilmuan di Indonesia dari manapun tidak hanya di LIPI bisa memanfaatkan. Dengan demikian siapapun berhak memakai tentunya untuk tujuan penelitian,”

Sebelum mengakhiri rangkaian kunjungan laboratorium pada hari ini, Menristek/Ka. BRIN sempat mengunjungi Wisma Tamu PUSPIPTEK dan mengelilingi kawasan PUSPIPTEK.

 

(teks/foto : Humas PUSPIPTEK/EFL-MO)