PUSPIPTEK

Pembekalan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 PUSPIPTEK, 3-6 Mei 2019

 

Tangerang Selatan (10/05/2019) – Berkenaan dengan pengumuman kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, Satuan Kerja Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK), selanjutnya dilakukan kegiatan pembekalan bagi CPNS PUSPIPTEK yang dinyatakan lulus oleh Ibu Sri Setiawati selaku Kepala PUSPIPTEK. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 3 & 6 Mei 2019 di Kawasan PUSPIPTEK.

CPNS PUSPIPTEK yang dinyatakan lulus sebanyak 12 orang. Jabatan yang telah diisi adalah : Dokter Gigi Ahli Pertama, Analis Sarana Prasarana, Perencana Program Anggaran dan Pelaporan, Radiografer, Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana, Pengelola Data Pelaksanaan Program dan Anggaran, Asisten Apoteker Terampil, Pengelola Keuangan, Pengolah Data, Analis Kerjasama, Pranata Laboratorium Pendidikan Terampil, dan Pengolah Situs/Web.

“Kerjasama, kerjasama, kerjasama dan kerjasama. Kalau anda punya pengetahuan, berbagi dengan teman. Jika ada yang tidak mengerti silahkan bertanya, jangan malu. Jadi itulah bagaimana caranya kita membangun. Negara ini tidak bisa dibangun oleh satu orang atau beberapa orang, kita semua harus membangun dari bawah. Kita saat ini ditugaskan membangun PUSPIPTEK” ujar Kepala PUSPIPTEK dalam sambutannya.

Dalam sambutannya diselipkan juga banyak nasehat dari Kepala PUSPIPTEK bagaimana para CPNS harus menunjukkan kemampuan mereka jika mereka adalah pemenangnya diantara ribuan pelamar.

“Nikmati apa yang sudah diberikan, kita syukuri kemudian mari kita kerjakan. Kerja keras dan kerjas cerdas. Kerja keras saja tidak cukup tapi juga cerdas” salah satu nasehat Kepala PUSPIPTEK.

Kemudian para CPNS berkenalan dengan pejabat struktural di lingkungan PUSPIPTEK. Setelah acara ramah tamah dengan Kepala PUSPIPTEK beserta pejabat struktural, para CPNS mendapatkan pembekalan dari Biro Perencanaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang di sampaikan oleh Praharani Anjasmara Raganingrum selaku Kepala Sub Bagian Akuntabilitas dan Pelaporan II.

Dalam pembekalan yang diberikan, para CPNS diberikan pengetahuan mengenai Sistem Akuntabilitas Kinerja Kemenristekdikti. Apa saja yang dikerjakan oleh Kemenristekdikti dan bagaimana proses-proses didalamnya. 

Kemudian pada hari kedua, yakni tanggal 6 Mei 2019 pembekalan diberikan oleh Antho Tohirin selaku Kepala Subbbidang Sarana Teknik PUSPIPTEK. Beliau memberikan materi yang berkaitan dengan sarana teknik yang ada di PUSPIPTEK, bagaimana alur perencanaan yang berada didalam sarana teknik hingga sampai pada saat proses pengadaaan barang. Materi selanjutnya disampaikan oleh Hendra Wijaya selaku Kepala Bidang Kerjasama dan Bisnis Teknologi yang menjelaskan tentang Technology Business Incubation Center terkait alur inkubasi, hilirisasi, dan komersialisasi suatu hasil penelitian serta bagaimana seseorang menjadi Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi/ technopreneur. Dan kemudian materi dilanjutkan oleh Marsono selaku Kepala Subbidang Keselamatan. Beliau menjelaskan pentingnya menjaga keselamatan dan mematuhi SOP yang ada sehingga bekerja bisa nyaman dan aman.

Materi terakhir adalah materi yang diberikan oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) dan Biro Keuangan & Umum Kemenristekdikti. Materi yang disampaikan adalah tentang hak dan kewajiban selaku ASN, tata tertib yang harus ditaati oleh setiap ASN serta sanksi yang diberikan terhadap ASN jika melakukan pelanggaran.

“Menjadi ASN tidak terbatas pada jam kerja saja.  Kita menjadi ASN sejak bangun tidur dan sampai tidur kembali, yang artinya sebagai ASN harus selalu menjaga sikap dan perilaku serta bersikap netral dimanapun dan kapanpun” ujar Adi Sulistyo selaku Kepala Subbagian Disiplin dan Pemberhentian Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenristekdikti.

Kemudian dijelaskan pula tentang gaji dan tunjangan kinerja yang diterima selama berstatus CPNS adalah 80% dari nilai semestinya.

Setelah pembekalan selesai dilakukan, para CPNS PUSPIPTEK ini kemudian dirolling ke tiap bidang-bidang yang ada di PUSPIPTEK. Satu bidang selama 1 minggu. Selama mereka berada di bidang lain hingga nanti setelah semua mengetahui alur pekerjaan ditiap-tiap bidang, para CPNS ini mulai bertugas pada bidangnya masing-masing sesuai jabatan mereka.

 

(Teks/Foto : Humas PUSPIPTEK/MO-EFL)