PUSPIPTEK

PUSPIPTEK TURUT SERTA DALAM KEGIATAN RITECH EXPO 2019

 

Tangerang Selatan (31/08/2019), dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengadakan acara HAKTEKNAS KE-24 tahun 2019 yang di selenggarakan di Lapangan Puputan Renon, Denpasar-Bali pada tanggal 25-28 Agustus 2019. Rangkaian acara terdiri dari Launching Hakteknas Ke-24, Bakti Inovasi Teknologi, Anugerah Iptek dan Inovasi, Kegiatan Ilmiah : Rakonas, Seminar Nasional/Internasional, Pendukung Acara Puncak (Gerak Jalan Sehat, Pembukaan Ritech Expo, Pembukaan Kegiatan Ilmiah, Lomba Penulisan Inovasi Iptek di Media, Lomba Photo dan Video  Vlog Inovasi Iptek), RITECH EXPO, Malam Apresiasi (Welcoming Dinner), Acara Puncak Hakteknas ke-24, dan Penutupan RITECH EXPO.

Kegiatan Research, Innovation, and Technology (RITECH) EXPO 2019 yakni pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dengan menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak Bangsa. Kegiatan ini bertujuan untuk menghadirkan science experience bagi stakeholder maupun pengunjung, mendorong terjadinya transfer knowledge baik antar peserta maupun peserta dengan pengunjung, menjadi parameter perkembangan produk-produk inovasi terkini, mendorong proses komersialisasi  inovasi, dan mendukung diseminasi inovasi di bidang Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0. Tema yang diangkat adalah “Iptek dan Inovasi dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0”.

Pada event ini PUSPIPTEK berpartisipasi dalam RITECH EXPO 2019, dengan membuka booth pameran yang di dalamnya menyuguhkan informasi tentang PUSPIPTEK sebagai N-STP, smart games, Virtual Reality (VR) dengan konten laboratorium yang berada di Kawasan PUSPIPTEK, serta produk-produk tenan yang dijual kepada pengunjung. PUSPIPTEK juga melibatkan beberapa startup yang diinkubasi pada Technology Business Incubation Center (TBIC) untuk melakukan sharing knowledge terkait produk-produk inovasi mereka kepada pengunjung yang hadir antara lain Kodi yakni Koperasi Digital, Mhomecare yakni layanan kesehatan online 24 jam yang memberikan layanannya dengan datang kerumah, dan masih banyak lagi. Pengunjung mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, orangtua, hingga Instansi yang berkunjung sangat senang ketika berada di booth PUSPIPTEK. Mereka mendapatkan pengetahuan baru tentang PUSPIPTEK dan mendapatkan souvenir menarik yang diberikan oleh PUSPIPTEK.

Kegiatan RITECH EXPO 2019 ini selesai pada Rabu (28/08/2019) setelah ditutup oleh Asisten Daerah III Pemprov Bali Wayan Suwarjana. Pada kegiatan penutupan ini diumumkan pula sejumlah pemenang yang salah satunya PUSPIPTEK mendapatkan juara ke-3 Stand Terbaik Kategori Unit Utama Kemenristekdikti.

 

teks/foto : Humas PUSPIPTEK/MO