PUSPIPTEK

SOSIALISASI PEMBANGUNAN GALERI ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN INOVASI (GIPTI)

 

Tangerang Selatan (18/10/2019), PUSPIPTEK menyelenggarakan Sosialisasi Pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di Gedung Graha Widya Bhakti PUSPIPTEK, Kamis (17/10/2019).

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan informasi tentang GIPTI dan menjelaskan proyek pembangunan GIPTI serta masalah yang ada didalamnya kepada mahasiswa yang terhimpun dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Kepala Bidang Sarana Kawasan, Dwi Wiratno Prasetijo bahwa Pembangunan GIPTI dilaksanakan dalam rangka mendukung National Science & Technology Park (N-STP) PUSPIPTEK sebagai salah satu implementasi Program Nawa Cita pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mengembangkan STP di Indonesia. GIPTI merupakan wahana untuk diseminasi dari hasil-hasil penelitian dan inovasi yang selama ini telah dilakukan di PUSPIPTEK agar dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

 

Pembangunan GIPTI dilakukan di atas lahan PUSPIPTEK yang berlokasi di Kec. Pagedangan Kab. Tangerang yang dimulai dari penandatanganan Kesepakatan Bersama antara PUSPIPTEK, Pemerintah Kab. Tangerang, Universitas Paramadina, dan PT. Bumi Serpong Damai, Tbk. nomor 0/P2/KS/2018, 417.6/105-KSD/2018, SP-010/REK/UPM/1/2018, dan MoU/001/BAPA-PO/SML/1/2018 tanggal 15 Januari 2018 tentang Pengembangan “Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi” di Kabupaten Tangerang dalam rangka Mendukung National Science & Technology Park (N-STP) PUSPIPTEK. Sebagai tindak lanjut Kesepakatan Bersama tersebut, dilakukanlah penandatangan Perjanjian Hibah antara PT. Bumi Serpong Damai, Tbk. dengan PUSPIPTEK nomor 014/CEO-SLB/BSD/V/2018 dan 35/P2/KS/2018 tanggal 16 Mei 2018 tentang Pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi.

 

Sarana dan prasarana yang akan dibangun dalam proyek GIPTI diharapkan dapat menghubungkan antara dunia penelitian, kampus, serta dengan industri berbasis teknologi dan dunia usaha yang akan melibatkan kontribusi dari masyarakat sekitar. Fasilitas umum yang akan dibangun nantinya membutuhkan tenaga keamanan dan kebersihan yang senantiasa menjaga agar lingkungan tetap kondusif. Untuk fasilitas umum lainnya disediakan foodcourt yang membutuhkan mitra kerjasama dari masyarakat sekitar. Mengingat banyaknya peneliti yang menghuni di sekitar kawasan GIPTI, diharapkan dapat berkontribusi dalam menyampaikan hasil penelitiannya kepada masyarakat.

 

Dalam hal perizinan, PUSPIPTEK telah mengajukan Surat Permohonan Sertifikasi Tanah seluas 150.000 m2 di Desa Pagedangan, Kec. Pagedangan, Kab. Tangerang kepada Badan Pertanahan (BPN) Kab. Tangerang dengan surat nomor 141/P2.2/TU/2017 tanggal 31 Maret 2017 dan dilanjutkan dengan Permohonan Pengukuran dengan surat nomor 271/P2.2/TU/2018 tanggal 24 Mei 2018. Untuk permohonan izin prinsip sudah diajukan PUSPIPTEK sesuai surat nomor 532/P2.2/TU/2018 tanggal 20 September terkait permohonan izin prinsip yang diajukan kepada Bupati Tangerang melalui Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

 

PUSPIPTEK menegaskan bahwa tidak ada sejengkalpun tanah PUSPIPTEK yang akan diserahkan kepada pihak lain terutama pihak swasta. Oleh karena itu, tidak benar jika ada yang menyebutkan bahwa proyek GIPTI adalah langkah Swastanisasi Aset Negara. Dalam pembahasan penyusunan draft Perjanjian Hibah antara PUSPIPTEK dan Sinarmas turut dihadiri oleh perwakilan dari DJKN Kementerian Keuangan.

 

“Kami Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat (GMPR) merespon baik penjelasan yang telah disampaikan oleh pihak PUSPIPTEK terhadap kami mengenai beberapa tuntutan yang telah kami layangkan. Perlu kita ketahui bersama bahwa proyek pembangunan GIPTI merupakan sebuah terobosan baru pemerintah yang dilaksanakan oleh GIPTI adalah sangat brilliant. Dengan demikian kami juga menghimbau kepada masyarakat sekitar, terhadap masyarakat yang terdampak, kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia, kami pihak Gerakan Masyarakat Peduli Rakyat menghimbau bahwasanya kita semua harus mendukung proyek pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi, karena sejatinya kehadiran GIPTI kedepannya akan memberikan manfaat bagi kita semua dan kemajuan negara kita pada masa depan” ujar Aris Burhanudin sebagai salah satu perwakilan Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat (GMPR).

 

teks/foto : Humas PUSPIPTEK