PUSPIPTEK

SOSIALISASIKAN KENDARAAN LISTRIK KE MASYARAKAT LUAS, BPPT GELAR KONVOI KENDARAAN LISTRIK JAKARTA-TANGERANG SELATAN

 

Tangerang Selatan (08/09/2019), Jalan buntu kendaraan listrik di Indonesia akhirnya menemui titik terang di tahun 2019 ini yang ditandai dengan diundangkannya Peraturan Presiden (Perpres) No. 55/2019 tentang Percepatan Progam Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan. Dalam rangka mendukung perpres tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) RI bersama dengan Majalah Transportasi Indonesia (MTI) menggelar Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 bertajuk “Electric Vehicle for Smart Transportation”. Konvoi Kendaraan Listrik dari BPPT Thamrin ke BPPT Serpong merupakan rangkaian IEMS yang telah diawali dengan Seminar dan pameran kendaraan listrik di Balai Kartini Jakarta pada 4-5 September 2019. Adanya konvoi ini bertujuan untuk mensosialisasikan kendaraan listrik yang ramah lingkungan sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara yang sepatutnya mendapat tempat di masyarakat.

 

Dalam pawai mobil dan motor listrik yang dipimpinlangsung oleh Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM), Eniya Listiani Dewi ini, BPPT menggandeng sejumlah perusahaan otomotif diantaranya Mobil Anak Bangsa (MAB), Mitsubishi, Nissan, Toyota, Tesla, Wuling, Selis dsb. Gelaran ini diikuti oleh 69 kendaraan yang terdiri dari satu Bus Listrik MAB, 18 mobil, 10 motor dan 41 sepeda dengan total kurang lebih 143 orang. Dibaris pertama, jajaran motor dan sepeda memimpin konvoi, dilanjutkan dengan mobil listrik dan di barisan terakhir Bus MAB terlihat mengawal deretan kendaraan listrik tersebut.

 

Di BPPT Serpong, Kepala PUSPIPTEK (Dr.Ir. Sri Setiawati,MA) bersama Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Walikota Tangerang Selatan, pejabat BPPT, LIPI, BATAN serta Kemenristekdikti menyambut kedatangan peserta konvoi kendaraan listrik tersebut. Hal ini ditandai dengan penyerahan bunga anggrek Vanda Douglas yang merupakan ikon Kota Tangerang Selatan kepada ketua rombongan. Selain konvoi, dalam event ini juga dilakukan kunjungan ke Fast Charging Station BPPT. Para peserta konvoi bisa melakukan pengisian baterai mobil maupun motor listrik gratis di fasilitas BPPT yang dikembangkan sejak tahun 2018 tersebut.

 

“PUSPIPTEK adalah kawasan riset terbesar di Indonesia dan kita semua yang disini pasti ingin menjadikan kawasan ini kawasan ramah lingkungan. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan memanfaatkan KBL sebagai alat transportasi utama di Puspiptek. Hal ini juga untuk mendukung Perpres No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Progam Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan yang telah diundangkan sejak 12 Agustus 2019”, ujar Kepala B2TKE, Dr. Mohammad Mustafa Sarinanto dalam sambutannya.

 

Dalam event tahunan besutan BPPT ini, hal yang tidak kalah menarik adalah test drive kendaraan listrik. Pengunjung juga dapat menikmati nyamannya mengendarai mobil serta motor listrik di area test drive. Panitia penyelenggara bekerjasama dengan pabrikan otomotif di Indonesia menyediakan lebih dari 10 kendaraan listrik untuk memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat. Mereka hanya cukup mendaftar di tempat registrasi untuk mencoba kendaraan ramah lingkungan tersebut.