Inkubasi Teknologi

Ko-Inkubasi

Konsep Co-Incubation yaitu inkubasi yang dilakukan bersama-sama dengan inkubator yang berada di sekitar kawasan Puspiptek. Seluruh kegiatan inkubasi akan dilakukan secara in-wall di kawasan TBIC Puspiptek. Tenan yang dapat  diinkubasi di kawasan TBIC merupakan tenan yang diusulkan oleh inkubator, memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh Puspiptek, dan lolos dalam seluruh tahapan seleksi. Tenan yang lolos seleksi, akan mendapatkan insentif dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, dalam hal ini Puspiptek. Insentif ini berupa pendanaan dan pemanfaatan fasilitas yang telah disiapkan oleh Puspiptek.

Tujuan

Kegiatan Fasilitasi inkubasi bisnsi teknologi di Puspiptek bertujuan untuk :

  • Menciptakan sinergi antara perguruan tinggi dan industri dalam rangka mendorong transfer teknologi, inovasi, dan meningkatkan daya saing;
  • Menumbuhkembangkan bisnis inovatif di kawasan Puspiptek;
  • Mendorong terciptanya usaha berbasis teknologi hasil litbang khususnya yang dihasilkan oleh lembaga penelitian di kawasan Puspiptek;
  • Mendorong meningkatnya produktivitas litbang lembanga-lembaga litbang di Puspiptek yang berbasis kepada kebutuhan pasar(demand driven).

Sasaran kegiatan Tahun 2017 adalah sebanyak 20 tenan yang diinkubasi bersama-sama dengan Inkubator sebagai pembina, dan dilaksanakan secara ‘in-wall’ di TBIC Puspiptek.

Kriteria Inkubator Mitra

Inkubator pembina yang dapat mengusulkan tenan dalam program ini adalah :

  1. Lembaga atau institusi berbadan hukum, memiliki NPWP
  2. Diutamakan telah memiliki pengalaman dalam inkubasi bisnis teknologi
  3. Memiliki sumberdaya manusia yang cukup dan memeiliki keahlian dalam proses inkubasi.
  4. Mampu menjalankan serangkaian proses inkubasi, yang mencakuppelatihan, mentoring, uji produksi, uji konsumen, uji jual, sertifikasi, promosi, dan kegiatan/layanan pendukung lainnya.
  5. Menugaskan minimal 1 (satu) orang tenaga pendamping (mentor) dalam rangka mendampingi tenan secara intensif di TBI-Center Puspiptek.
  6. Memiliki jejaring dengan pemangku kepentingan seperti pemda, lembaga keuangan, dan institusi pendukung lainnya.

Inkubator Mitra


BIT BPPT

 

Inkubator Teknologi LIPI



 

Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis ITI


 

IncuBie IPB

Visio Incubator