PUSPIPTEK

Upaya Bidang Keamanan dan Keselamatan PUSPIPTEK Tingkatkan Kemampuan Penanganan Binatang Reptil dan Berbisa

 

Tangerang Selatan (16/12/2019) – Bidang Keamanan dan Keselamatan PUSPIPTEK melakukan pelatihan penanganan binatang reptil dan berbisa kepada seluruh anggotanya. Pelatihan penanganan binatang reptil dan berbisa ini juga langsung didampingi oleh Joko Raharjo selaku Kepala Bidang Keamanan dan Keselamatan, Marsono selaku Kepala Sub Bidang Keselamatan PUSPIPTEK, serta dilatih langsung oleh Komunitas Pencinta Reptile Tangerang Selatan atau biasa dikenal dengan KONTRAS. 

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anggota Bidang Keamanan dan Keselamatan PUSPIPTEK dalam menangani binatang reptil atau berbisa dan juga banyaknya permintaan masyarakat sekitar PUSPIPTEK yang sering menjumpai reptil dimana kerap kali membahayakan masyarakat terlebih menjelang musim kemarau.

Pelatihan penanganan binatang reptil dan berbisa ini selaras dengan tugas Bidang Keamanan dan Keselamatan PUSPIPTEK yaitu untuk membantu melindungi masyarakat sekitar kawasan dari bahaya seperti kebakaran, penyerangan binatang buas, dan bahaya lainnya.

“Sepanjang musim kemarau kemarin ada serangan buaya dan ular, bahkan ular masuk dari saluran pembuangan air. Maka dari itu kami (anggota keamanan dan keselamatan PUSPIPTEK:red) bertugas untuk kemanusiaan maupun sosial,” ujar Marsono.

Tindakan yang harus dilakukan apabila ada yang terkena gigitan hewan berbisa seperti ular adalah dengan metode imobilisasi yaitu mengurangi pergerakan di area gigitan. Hal ini dijelaskan oleh Yudi selaku anggota KONTRAS. Selain itu apabila terkena gigitan ular berbisa jangan langsung diberi obat anti bisa tetapi tunggu sampai ada keluhan seperti pusing atau mual. Jika tidak ada keluhan seperti itu maka bisa ular telah hilang dengan sendirinya.

“Jika terkena gigitan ular maka coba lakukan Imobilisasi yaitu kurangi pergerakan pada area gigitan karena bisa ular mengalir melalui kelenjar getah bening bukan melalui pembulu darah,” jelas Yudi.

 

 

(teks/foto : Humas PUSPIPTEK/EFL)